Istana Siak

Istana Siak adalah kediaman resmi sultan siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasim.

Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang selesai dibangun pada tahun 1983.Kini istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini masuk kedalam administrasi pemerintahan Kabupaten Siak.

istana siak sri indrapura
Istana Siak 
Sekarang istana ini menjadi objek wisata andalan Kabupaten Siak, Istana ini dipergunakan sebagai musium benda-benda peninggalan kerajaan siak. Selain musium didalamnya juga disuguhkan tarian khas Kerajaan Siak.

Pada hari saat saya berkunjung dan ditemani anak-anak dari SMAN 1 Siak dan kebetulan salah dua diantara mereka ada yang keturunan asli Kerajaan Siak
Anak SMAN 1 Siak
Dari gamabar diatas yang ke-2 dan ke-4 dari kiri adalah keturunan Kerajaan Siak. Beruntung sekali kedatangan saya kesana bisa ditemani langsung oleh dua keturunan Kerajaan Siak. Sehingga saya tidak perlu memakai tour guide untuk menerangkan benda-benda kerajaan disana. Anak-anak SMA ini cukup banyak mengetahui hal-hal yang berbau kelenik dari benda-benda kerajaan siak. Misalnya ada cermin peninggalan permasisuri kerajaan yang konon katanaya bila kita bercermin disana bisa awet muda.

Sultan Syarif Kasim II
Foto diatas adalah foto Sultan Syarif KAsim II saat mengenakan seragam sekolah di sekolah belanda pada saat itu.
Miniatur Raja
Masih banyak yang bisa kita lihat dari sejarah Kerajaan Siak di Musisum Kerajaan Siak ini, berhubung waktu sudah sore saya akhiri perjalanan saya di Kabupaten Siak setelah berkunjung ke musisum ini. Ada yang bilang "belum ke Riau kalau belum berkunjung ke Siak" karan kata-kata itu akhirnya saya memutuskan untuk menyempatkan diri berkunjung ke Istana Kerajaan Siak. Bagi kawan-kawan yang ingin berkunjung ke Riau jangn lupa menyempatkan diri ke Kabupaten Siak untuk berkunjung ke Istana ini. Sekian ngebolang kali ini semoga bermanfaat.


1 Response to "Istana Siak"

  1. Main2 ya ke youtube channel-ku liat liputan istana siak..

    https://youtu.be/tHnijgNZiBo

    ReplyDelete